Soal UTS Sejarah Amerika

  1. 1.      Buat Peta Benua Amerika
  2. 2.      Apa yang dimaksud dengan sejarah Amerika Serikat
  3. 3.      Apa saja yang mencakup ruang lingkup sejarah amerika
  4. 4.      Siapa yang menemukan orang-orang Indian dan sejak kapan mereka datang ke Benua Amerika
  5. 5.      Coba saudara jelaskan bahwa peradaban maya telah bermutu tinggi.

  1. Peta Benua Amerika 
  2. Sejarah Amerika adalah Sejarah yang dimulai ketika Inggris menyelenggarakan kegiatan kolonialisme terhadap 13 koloni  yang berada di benua Amerika bagian utara . Para koloni hidup dalam suasana politik merkantilisme dimana mereka wajib menyediakan bahan mentah dan logam mulia sebagai barang-barang komoditas yang dibutuhkan di pasaran Eropa. Barang-barang komoditas ini ditukar dengan barang industri Inggris dengan harga yang telah di tetapkan oleh kolonial Inggris. Oleh karena perlakukan buruk tesebut, warga Amerika melawan dan mendirikan United State of America pada 4 juli 1776. Setelah merdeka, Amerika serikat mulai membangun kehidupan modern dengan pencapaian yang gemilang dalam hal pembangunan demokrasi, pengembangan iptek, terciptanya stabilitas keamanan, politik dan ekonomi yang dapat menghantarkan Amerika Serikat menjadi negara Super power. 
  3. Ruang Lingkup Sejarah Amerika mencakup, pengertian, sejarah penyebutan amerika, amerika latin . letak geografis, pandangan/kepercayaan, karakteristik , karya seni, perang saudara, masa rekonstruksi, perkembangan transportasi, komunikasi, dan industrialisasi, pergerakan sarekat buruh, keterlibatan dalam PD I dan PD II . Dari ruang lingkup sejarah Amerika itu meliputi unsur ruang, waktu dan manusia..
  4. Migrasi orang Mongol ke Benua Baru. lalu Colombus berekspedisi atas perintah raja Spanyol ( King Ferdinand) Si colombus ini adalah seorang pedagang dari Genoa yang memiliki jiwa avonturir  dan ingin membuktikan ajaran Nicholas Copernicus tentang bumi bulat. Colombus ini dengan bermodalkan 3 kapal layar yakni Santa Maria, Pinta, dan Nina membelah samudra untuk menemukan India .Nah si Colombus ini berhasil mendarat di Guanahani, Bahama pada  12 oktober  1492....... Di dalam rombongan colombus ini, ada seorang yang bernama Amerigo Vespucci ynag bertugas mencatat perjalanan maupun benua yang  ditemukan.. Catatan ini kemudian sampai ke tanagan Martin Waldseemuller . si Martin ini mempelajari seluruh catatan Amerigo dan menyebut benua yang di temukan Colombus ini dengan benua amerika untuk menghormati Amerigo. 
  5. Suku maya merupakan suku bangsa yang memilki keahlian dibidang astronomi dan ilmu pasti. Mereka telah mengetahui planet-planet dan peredaran bulan sehingga suku bangsa ini dapat meramalkan kapan terjadinya gerhana bumi dan matahari. Mereka juga punya sistem kalender yang terdiri atas satu tahun sama dengan 365 hari, satu tahun terdiri atas 18 masa (bulan), setiap masa terdiri dari 20 hari dan lima hari selebihnya pada setiap akhir tahun dianggap sebagai hari yang mencelakakan. Sistem kalender ini telah digunakan selama kurang lebih 2.000 tahun yakni 580 SM hingga di rusak oleh para pendatang dari Eropa. Orang-orang Maya telah memprediksi 21 desember 2012 akan terjadi kehancuran dunia akibat kerusakan sistem tata surya. Dalam ilmu pasti, suku maya telah mengenal angka nol dan dalam ilmu berhitung mereka mengenal sistem duapuluhan. 

sumber penguat berupa review buku sejarah Amerika Serikat yang sudah saya post, klik saja disini
https://salimudin978.blogspot.com/2020/03/review-buku-sejarah-amerika-serikat.html


Komentar