Review Buku Sejarah Amerika Serikat

Judul Buku : Sejarah Amerika Serikat
Penulis: IG. Krisnadi
Penerbit: Ombak
Tahun Terbit: 2012

Buku Sejarah Amerika Serikat ini adalah salah satu buku referensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Siliwangi terutama yang duduk di semester 4. Buku ini sangat menarik untuk di baca dan banyak sekali manfaat, di buku ini kita akan dibawa kepada masa lalu Amerika Serikat dimulai dari Penemu benua Amerika sebelum Colombus, masa penjajahan Inggris, Revolusi Amerika sampai Perang Dunia II.

Buku ini terdiri dari 12 bab dengan rincian sebagai berikut

  1. Pengertian, ruang lingkup dan karakteristik bangsa Amerika Serikat
  2. Para penemu benua Amerika sebelum kedatangan Kristoforus Kolombus
  3. Penjelajahan Samudra dan penemuan Benua Amerika
  4. Masa Pemerintahan Inggris di Amerika Utara
  5. Revolusi Amerika
  6. Pembentukan Pemerintahan Nasional
  7. Perang Saudara di Amerika serikat Tahun 1861-1865
  8. Masa rekonstruksi Amerika Serikat di wilayah selatan 1865-1876
  9. Perkembangan Transfortasi, Komunikasi dan Industrialisasi  di Amerika Serikat bagian utara.
  10. Pergerakan Serikat Buruh.
  11. keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang dunia I dan Dunia II
  12. Kesimpulan
Langsung saja ke Review dari 12 bab di atas sebagai berikut

Bab 1 Pengertian, ruang lingkup dan karakteristik bangsa Amerika Serikat



Apa itu Sejarah???
Sejarah secara Etimologi berasal dari bahasa Arab Syajarahtun yang berarti pengetahuan tentang lahir, tumbuh, dan mati. Secara istilah berarti pengetahuan tentang lahir, tumbuh, dan mati. 

Gimana sejarah penyebutan benua Amerika???
Sejarah penyebutan benua Amerika dimulai ketika Amerigo Vespucci yang merukan sahabat dekat Kristoforus Kolumbus dari Genoa (Italia). Ketika Kolombus disuruh raja Spanyol (King Ferdinand) untuk mencari India, segala perjalanan pelayaran dari Kolombus ini dicatat oleh Amerigo.

Catatan Amerigo ini dikumpulkan menjadi dokumen dan dipelajari oleh Prof. Martin Waldseemuler. Untuk menghargai jasa Amerigo Vespucci, Nah benua yang di temukan Kolombus itu disebut amerika.

Gimana Sejarah Penyebutan Amerika Latin???
Latin berasal dari suku bangsa yang ada di utara Roma. Suku latin ini adalah suku yang maju dan beradab dibanding dengan Roma, malah orang Roma mencontek kebudayaan latin. Suku latin juga mengambil kebudayaan Etruska yang lebih lama tinggal di Latinum. Sesudah etruska mundur, munculah Latin.

Suku latin ini berpengaruh kepada kekaisaran Romawi Barat. ketika Romawi barat mencapai zaman Pax Romana, maka kebudayaan Roma yang bersendikan peradaban latin seperti sistem organisasi, hukum, militer, sehingga nama Latin tetap hidup dan dihayati sebagian hidup Romawi.

Jan Romein berpendapat, peradaban latin berpengaruh terhadap manusia " Romawi Baru" yang meliputi Italia, Prancis, Spanyol, dan Portugis. Nah manusia Romawi modern ini menyebar ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Bangsa Spanyol dan bangsa Portugis yang menjajah sebagian besar Amerika secara tidak sadar menanamkan peradaban latin ke benua Amerika sehingga daerah tersebut dikenal sebagai Amerika Latin.

Gimana sih pengertian Sejarah Amerika Serikat?

Sejarah Amerika adalah Sejarah yang dimulai ketika Inggris menyelenggarakan kegiatan kolonialisme terhadap 13 koloni  yang berada di benua Amerika bagian utara . Para koloni hidup dalam suasana politik merkantilisme dimana mereka wajib menyediakan bahan mentah dan logam mulia sebagai barang-barang komoditas yang dibutuhkan di pasaran Eropa. Barang-barang komoditas ini ditukar dengan barang industri Inggris dengan harga yang telah di tetapkan oleh kolonial Inggris. Oleh karena perlakukan buruk tesebut, warga Amerika melawan dan mendirikan United State of America pada 4 Juli 1776. 

Setelah merdeka, Amerika serikat mulai membangun kehidupan modern dengan pencapaian yang gemilang dalam hal pembangunan demokrasi, pengembangan iptek, terciptanya stabilitas keamanan, politik dan ekonomi yang dapat menghantarkan Amerika Serikat menjadi negara Super power. 

Karakteristik Bangsa Amerika

  • Liberal ( Bebas bertanggung jawab, berawal dari orang Eropa yang mencari kebebasan politik dan agama)
  • Hope of opportunity (Harapan kesempatan untuk membangun negara secara bersama-sama)
  • Pragmatisme (Menderita)
  • Individualisme ( diilhami oleh prinsip Protestantisme yaitu priestood of all believer : menjadikan pendeta sendiri.
Kelebihan dan kekurangan Buku
1. kelebihan

  • Materinya sangat lengkap dan sangat membantu bagi mahasiswa pendidikan sejarah yang sangat haus akan pengetahuan mengenai sejarah Amerika
  • Ada tujuan pembelajarannya sehingga secara gambarannya, pembaca akan mudah memahami buku ini
2. kekurangan
  • Terlalu banyak instruksinya , sehingga esensi materi untuk pembaca umum sedikit terganggu.

Komentar