JADI GURU DI TAHUN PERTAMA

 JADI GURU DI TAHUN PERTAMA



Saya mulai mengajar pada bulan Juli tahun 2022, sekarang sudah satu tahun mengajar. Tahun pertama mengajar ini saya mendapat pengalaman yang sangat berarti yakni tentang percara diri.

Percaya diri sangatlah penting untuk memajukan diri sendiri terutama ketika mengajar. Saat masuk kelas pertama kali untuk perkenalan saya memiliki kepercayaan diri mencapai 60%. Sekarang sesudah satu tahun percaya diri saya meningkat jadi sekitar 65%. Tetap saja saya belum berani untuk mengobrol dengan murid.

Persiapan materi

Persiapan dan penguasaan materi ajar hal yang harusnya pertama kali dilakukan. Kalau materi dikuasai mengajar juga akan lebih percaya diri. 


Penampilan

Penampilan juga berpengaruh ketika mulai pertama kali mengajar. Tapi kalau kita memiliki baju yang banyak itu sangat bagus untuk kepercayaan diri. Saya mengalami beberapa kali masalah tentang penampilan karena tidak memiliki batik lengan panjang yang banyak untuk mengajar. 


Ketegasan

Ini adalah hal yang paling penting untuk dikuasai. Saya hanya punya 10% ketegasan ketika mengajar. Sisanya babak belur. Belum bisa mengimbangi siswa agar lebih teratur.



Komentar