KAPAN ISLAM MASUK KE INDONESIA

 KAPAN ISLAM MASUK KE INDONESIA?

Pic: Islam di Indonesia
Sc pic: NU Online





Mengutip dari Kersten (2017:13) bukti kuat adanya muslim pribumi di Indonesia adalah abad ke-13.

Pada waktu itu islam benar-benar baru diterima, terus mengapa baru abad 13? Bukankah Islam sudah muncul sejak abad 7 di Timur Tengah?

Bukti adanya muslim pribumi di Indoensia tentunya harus bersifat tekstual dan material. Tekstual maksudnya adalah catatan-catatan yang tentunya sejaman. Material maksudnya adalah bukti fisik.

Bukti tekstualnya adalah catatan Marco Polo dari Venesia (1254-1324 M). Marco Polo mencatat bahwa dia berkunjung ke ujung Sumatra Utara tahun 1292 M tepatnya ke daerah Perlak ( Peureulak di Aceh). Marco Polo menyebut bahwa masyarakat Perlak baru saja memeluk islam.

Setengah abad kemudian, Ibnu Batthutah dari Thanjah (1303-1369M) mencatat laporan bahwa Sultan Al Malikuz Zahir yang merupakan sultan Samudra Pasai (sekarang Samudra Pasai adalah daerah Lhokseumawe) dikenal sebagai sultan yang shaleh yang menjalankan Madzhab Syafi'i.

Hikayat raja-raja Pasai tahun 1350 membenarkan laporan Ibnu Batutah.

Bukti ke 3 adalah catatan Suma Oriental karya Tome Pires (1465-1540), laporan Tome Pires ini bersamaan dengan ditaklukannya Malaka oleh d'Albuquerque pada 1511.

Bukti tekstual yang shahih itu diperkuat dengan di temukannya batu nisan di Sumatra, Jawa, dan daerah-daerah lain.

Batu nisan pertama adalah batu nisan bertuliskan nama Sultan al- Malikus Shallih tahun 1297 ditemukan di pasai..

Nisan-nisan itu menunjukan bahwa sudah terjadi Arabisasi bahasa melayu, yang tulisannya sampai sekarang dikenal sebagai tulisan jawi.

Namun di Jawa, batu nisan yang ditemukan di Trowulan(1368) dan Troloyo (1376) masih menunjukan Lingga Syiwa (falus Hindu). Menurut Ricklefs itu menunjukan bahwa tidak ada salahnya menjadi orang jawa sekaligus muslim.

KESIMPULAN

Setelah tadi membahas tentang bukti-bukti tekstual dan Material maka dapat disimpulkan islam masuk ke Indonesia yakni sejak abad ke 13, buktinya adalah catatan Marco Polo, Ibnu Batuta, Tome Pires , Hikayat raja-raja pasai dan batu nisan Al Malikus Shalih.

• Note :::: menurut Buya Hamka, islam sudah masuk ke Indonesia sejak abad 7 atau tahun-tahun awal hijriah yang di bawa oleh orang Arab.

• Bukti islam masuk abad 7 adalah naskah Kuno China yang menyebut bahwa orang-orang Arab sudah bermukim di Barus sejak tahun 625 ( tahun 625 islam sedang berjuang dalam perang Uhud).

Bukti lain adalah ditemukannya nisan kuno bertuliskan Syekh Rukunnudin yang wafat tahun 672.


Sumber::::

Kersten, Carool (2018) Mengislamkan Indonesia : Sejarah Peradaban Islam di Nusantara. Tangerang Selatan : Baca hal. 31-38

Link diakses Jum'at 25 September 2020 jam 12:27 WIB

https://www,google,com/amp/s/amp,tirto,id/perdebatan-dan-ragam-versi-masuknya-islam-ke-nusantara-cq4R

Komentar