Pertemuan 7 SPI

 Pertemuan 7 SPI



________

Perkembangan peradaban islam memberikan pengaruh besar pada perkembangan dunia yang bahkan pada abad 8 sampai 13 menguasai peradaban dari Masyrik hingga Maghrib.

Jejak peradaban islam hingga kini masih bisa ditelusuri di berbagai peradaban dunia. Tidak hanya ditempat bekas kekuasaan islam terdahulu seperti Iraq (Baghdad dan Kufah) semenanjung Iberia (Terutama Spanyol), Mesir (Fatimiyah), Turki (Ottoman), Damaskus dan Suriah.

Perkembangan islam berkembang dengan berlandaskan tauhid yang perkembangannya didorong dari dalam kemudian menyebar keluar.

Perkembangan peradaban islam dari dalam bersumber dari qur'an dan Sunnah yang memiliki kekuatan dahsyat. Hal tersebut kemudian disebarkan melalui proses penyebaran islam yang berlandaskan persatuan, perkembangan institusi negara, perkembangan ilmu pengetahuan dan perluasan daerah islam.

Semangat persatuan menjadi landasan utama karena Rasulullah sejak awal menanamkannya di tengah kehidupan jazirah Arab. Semakin meluasnya wilayah kekuasaan islam , maka semakin besar interaksi islam dengan budaya setempat, sehingga muslim mulai memilah dan memilih budaya lokal untuk diadopsi agar menyesuaikan dengan syariat islam.

Substansi peradaban islam jika diibaratkan pohon, maka akarnya menghujam ke bumi, sementara dahan dan rantingnya menjulang keatas, akarnya adalah teologi islam yaitu Tauhid.

Hal tersebut berkembangan menjadi tradisi pemahaman terhadap al-qur'an yang melahirkan intelektual muslim. Tradisi ini membentuk komunitas yang melahirkan konsep ilmu dan dan disiplin ilmu islam.

Perkembangan peradaban islam terjadi karena islam meletakan landasan iman bahwa keyakinan manusia hanya kepada Allah, bukan kepada benda, nafsu, dan kemegahan sehingga semua kerja manusia hanya untuk Allah. Hanya Allah saja tuhan semesta alam, tiada Tuhan yang dipertuhankan kecuali Allah.

Itulah sebabnya kekuatan islam yang berlandaskan al-qur'an mampu menaklukan berbagai wilayah diseluruh dunia. Rasulullah yang memulainya kemudian dilanjutkan pada masa Khulafau Rasyidin, juga oleh para Tabi'in hingga muncul berbagai daulah islam seperti Abbasiyah, Umayyah, Fatimiyyah, Mamluk, Budak, dan Ottoman.

Keyakinan tauhid pula yang membuat muslim membentuk peradaban baru sehingga menghasilkan berbagai budaya yang membentuk peradaban di wilayah tersebut.

Penyebaran islam telah menyebabkan terjadinya pertukaran budaya di antara negeri hingga membentuk peradaban islam.

Pertukaran budaya antar negri karena penyebaran islam membentuk peradaban baru.

Beberapa bidang baru yang dibentuk pada masa awal seni bangunan sipil, ibadah dan militer.

Beberapa departemen untuk mengurusi negara dan ummat kemudian dibentuk pada masa Khulau Rasyidin. 
  1. Nizham Al Siyasyi (mengurusi masalah politik)
  2. Nizham Al Idari (mengurusi administrasi negara)
  3. Nizham Al Maali (mengurusi ekonomi dan keuangan)
  4. Nizham Al Harbi (mengurusi angkatan perang)
  5. Nizham Al Qadl (mengurusi peradilan dan kekuasaan kehakiman)

Sejalan dengan pertumbuhan negara, maka terjadi perkembangan dalam bidang seperti ilmu tafsir, ilmu hadith, qira'at, dan nahwu


BAGHDAD

Hajaj 

Komentar