Silabus Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Sejarah
Dosen: Zulpi Miftahudin, M.Pd.
Silabus:
- Pengenalan Mata Kuliah lalu bahas pengertian, tujuan dan fungsi tes, pengukuran, evaluasi dan asesmen pada pembelajaran sejarah
- Peranan formatif asesmen dan sumatif asesmen
- Pengembangan dan penggunaan berbagai alat evaluasi serta kemampuan menentukan alat evaluasi yang sesuai dengan tujuan beserta proses pembelajaran.
- Kisi-kisi tes
- Latihan menyusun kisi-kisi tes
- Tes Uraian
- Latihan penyusunan tes uraian pada pembelajaran sejarah di sekolah
- Tes Objektif
- Latihan menyurun tes objektif pada pembelajaran sejarah
- Latihan menyusun tes objektif pada pembelajaran sejarah
- Assasmen alternatif dan aplikasinya bagi evaluasi pembelajaran sejarah
- Pengadministrasian tes hasil belajar
- Penskoran dan penilaian (grading) tes hasil belajar serta kegunaannya bagi penentuan hasil belajar siswa
- Analsis butir soal dan perangkat tes
- Penentuan validitas dan reliabilitas tes
- Keseluruhan materi perkuliahan dan membahas tentang penyusunan tugas akhir berupa laporan hasil uji coba tes hasil belajar di persekolahan
- Laporan pengkajian informasi dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan dan fungsi tes, pengukuran, asesmen dan evaluasi
- Laporan penentuan dan kunjungan ke sekolah mitra
- Laporan diskusi kelompok
- Menyusun kisi-kisi tes objektif dan tes uraian untuk pembelajaran sejarah di persekolahan
- Menyusun butir soal tes objektif dan tes uraian pada pembelajaran sejarah di persekolahan
- Menyusun asesmen kinerja, asesmen rubric dan asesmen portofolio yang dapat dikembangkan pada pembelajaransejarah di persekolahan
- Mengolah hasil tes dan asesmen serta menggunakannya untuk penentuan keberhasilan belajar siswa
- Analisis butir soal dan perangkat tes pada pembelajaran sejarah
- Laporan hasil penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar serta analisis butir soal dan perangkat tes pada pembelajaran sejarah di persekolahan
EVALUASI
Informasi untuk evaluasi diperoleh melalui :
1. Tugas kelompok mingguan
2. Tugas kelompok akhir semester
3. Aktivitas diskusi di kelas
4. Aktivitas mahasiswa selama mengikuti PBM
5. Kuis
6. Ujian Tengah Semester (UTS)
7. Ujian Akhir Semester (UAS)
SUMBER BACAAN
Anastasi, A. (1961). Psychological Testing. N.Y: The Macmillan
Asmawi Zainul dan Noehi Nasution. (1997). Penilaian Hasil Belajar
. Jakarta: UT
Asmawi Zainul. (2001). Alternative Assessment. Jakarta: UT
Biggs, J.B dan Collis, K. (1982). Evaluating the quality of
learning: the SOLO
taxonomy. New York: Academic Press
Danielson, Charlotte dan Abrutyn, Leslye. (1997). An Introduction
to Using
Portofolios in the Classroom. Aleandria, VA: Association for
Supervision
and Curriculum Development
Drake, Frederick. (2000). Using Alternative Assessment To Improve
The Teaching
and Learning of History. ERIC: Clearinghouse for Social
Studies/Social
Science Education
Doll, Ronald,C. (1964). Curriculum Improvement, Decision Making
and Process.
Boston: Allyn and Bacon
Ebel, R.L.,& Frisbie, D.A. (1986). Essentials of Educational
Measurement. Englewood
Cliffs, N.J: Prentice-Hall
Farr, Roger dan Tone, Bruce. (1998). Portofolio and Performance
Assessment:Helping Student Evaluate Their Progress as Readers and
Writer. New York: Harcourt Brace College Publisher
Gronlund, N.E. (1998). Assessment of Student Achievement. Boston:
Allyn and
Bacon
Hasan,Hamid (1996). Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: DIKTI
James Popham, W. (1995). Classroom Assessment What Teacher Need to
Know.
Boston: Allyn and Bacon.
Jacobs, Lucy Cheser & Chase, Clinton I. (1992). Developing and
Using Tests
Effectively: A Guide for Faculty. San Francisco: Jossey-Bass Pub
Marzano, Robert J, et. al (1993). Assessing Student Outcomes:
Performance
Assessment Using the Dimensions of Learning Model. Virginia: ASCD
McRel. (2007). Dimension of Learning. (Online). Available at
http://www.mcrel.org/products/dimensions/whatthow.asp
Sax, Gilbert. (1980). Principles of Educational and Psychological
Measurement and
Evaluation. Belmont, CA: Wadsworth
Shaklee, Baverly D, et.al. (1997). Designing and Using Portofolio.
Boston: Allyn and
Bacon
Tim Pustaka Yustisia. (2007). Panduan Lengkap KTSP. Yogyakarta:
Pustaka Yustisia
Thorndike, R.L & Hagen, E. (1961). Measurement and Evaluation
in Psychology and
Education.
N.Y: John Wiley&Sons
Komentar
Posting Komentar