Silabus Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Sejarah

 Dosen:  Zulpi Miftahudin, M.Pd.



Silabus:

  1. Pengenalan Mata Kuliah lalu bahas pengertian, tujuan dan fungsi tes, pengukuran, evaluasi dan asesmen pada pembelajaran sejarah
  2. Peranan formatif asesmen dan sumatif asesmen
  3. Pengembangan dan penggunaan berbagai alat evaluasi serta kemampuan menentukan alat evaluasi yang sesuai dengan tujuan beserta proses pembelajaran.
  4. Kisi-kisi tes
  5. Latihan menyusun kisi-kisi tes
  6. Tes Uraian
  7. Latihan penyusunan tes uraian pada pembelajaran sejarah di sekolah
  8. Tes Objektif
  9. Latihan menyurun tes objektif pada pembelajaran sejarah
  10. Latihan menyusun tes objektif pada pembelajaran sejarah
  11. Assasmen alternatif dan aplikasinya bagi evaluasi pembelajaran sejarah
  12. Pengadministrasian tes hasil belajar
  13. Penskoran dan penilaian (grading) tes hasil belajar serta kegunaannya bagi penentuan hasil belajar siswa
  14. Analsis butir soal dan perangkat tes
  15. Penentuan validitas dan reliabilitas tes
  16. Keseluruhan materi perkuliahan dan membahas tentang penyusunan tugas akhir berupa laporan hasil uji coba tes hasil belajar di persekolahan
Tagihan

  1. Laporan pengkajian informasi dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan dan fungsi tes, pengukuran, asesmen dan evaluasi
  2. Laporan penentuan dan kunjungan ke sekolah mitra
  3. Laporan diskusi kelompok
  4. Menyusun kisi-kisi tes objektif dan tes uraian untuk pembelajaran sejarah di persekolahan
  5. Menyusun butir soal tes objektif dan tes uraian pada pembelajaran sejarah di persekolahan
  6. Menyusun asesmen kinerja, asesmen rubric dan asesmen portofolio yang dapat dikembangkan pada pembelajaransejarah di persekolahan
  7. Mengolah hasil tes dan asesmen serta menggunakannya untuk penentuan keberhasilan belajar siswa
  8. Analisis butir soal dan perangkat tes pada pembelajaran sejarah
  9. Laporan hasil penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar serta analisis butir soal dan perangkat tes pada pembelajaran sejarah di persekolahan

EVALUASI

Informasi untuk evaluasi diperoleh melalui :

1. Tugas kelompok mingguan

2. Tugas kelompok akhir semester

3. Aktivitas diskusi di kelas

4. Aktivitas mahasiswa selama mengikuti PBM

5. Kuis

6. Ujian Tengah Semester (UTS)

7. Ujian Akhir Semester (UAS)


SUMBER BACAAN

Anastasi, A. (1961). Psychological Testing. N.Y: The Macmillan

Asmawi Zainul dan Noehi Nasution. (1997). Penilaian Hasil Belajar . Jakarta: UT

Asmawi Zainul. (2001). Alternative Assessment. Jakarta: UT

Biggs, J.B dan Collis, K. (1982). Evaluating the quality of learning: the SOLO

taxonomy. New York: Academic Press

Danielson, Charlotte dan Abrutyn, Leslye. (1997). An Introduction to Using

Portofolios in the Classroom. Aleandria, VA: Association for Supervision

and Curriculum Development

Drake, Frederick. (2000). Using Alternative Assessment To Improve The Teaching

and Learning of History. ERIC: Clearinghouse for Social Studies/Social

Science Education

Doll, Ronald,C. (1964). Curriculum Improvement, Decision Making and Process.

Boston: Allyn and Bacon

Ebel, R.L.,& Frisbie, D.A. (1986). Essentials of Educational Measurement. Englewood

Cliffs, N.J: Prentice-Hall

Farr, Roger dan Tone, Bruce. (1998). Portofolio and Performance

Assessment:Helping Student Evaluate Their Progress as Readers and

Writer. New York: Harcourt Brace College Publisher

Gronlund, N.E. (1998). Assessment of Student Achievement. Boston: Allyn and

Bacon

Hasan,Hamid (1996). Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: DIKTI

James Popham, W. (1995). Classroom Assessment What Teacher Need to Know.

Boston: Allyn and Bacon.

Jacobs, Lucy Cheser & Chase, Clinton I. (1992). Developing and Using Tests

Effectively: A Guide for Faculty. San Francisco: Jossey-Bass Pub

Marzano, Robert J, et. al (1993). Assessing Student Outcomes: Performance

Assessment Using the Dimensions of Learning Model. Virginia: ASCD

McRel. (2007). Dimension of Learning. (Online). Available at

http://www.mcrel.org/products/dimensions/whatthow.asp

Sax, Gilbert. (1980). Principles of Educational and Psychological Measurement and

Evaluation. Belmont, CA: Wadsworth

Shaklee, Baverly D, et.al. (1997). Designing and Using Portofolio. Boston: Allyn and

Bacon

Tim Pustaka Yustisia. (2007). Panduan Lengkap KTSP. Yogyakarta: Pustaka Yustisia

Thorndike, R.L & Hagen, E. (1961). Measurement and Evaluation in Psychology and

Education. N.Y: John Wiley&Sons

Komentar