Pembelajaran Abad 21
Pembelajaran abad 21 menuntut kita untuk bisa membekali siswa dengan berbagai kompetensi. Uraikan karakteristik pembelajaran abad 21 dan bagaimana cara untuk mendesain pembelajaran abad 21 ?
PEMBELAJARAN
ABAD 21
A.
Karakteristik
Pembelajaran Abad 21
Mengutip dari kemendikbud.go.id, kompetensi yang harus dimiliki
oleh siswa di abad ke-21 adalah terdiri dari 4C yaitu Critical Thinking and
Problem Solving (Berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity
(Kreativitas), Communication Skills (Kemampuan berkomunikasi) dan Ability to
Work Collaboratively (Kemampuan untuk bekerja sama).
1.
Critical
Thinking and Problem Solving
Di kutip dari Enggar.net Critical Thinking atau Berpikir Kritis
adalah cara berpikir logis, dimana kita memecah-belah suatu masalah menjadi
bagian-bagian yang lebih kecil serta menganalisanya. Bagian dari berpikir
kritis adalah: kemampuan menggolongkan, memilah, membandingkan persamaan dan
perbedaan (Church, 1993). Beberapa ciri anak yang berpikir kritis adalah: penuh
rasa ingin tahu dan ingin menjelajah/bereksplorasi.
Berpikir kritis ini sebaiknya dilatih sejak kecil dan diajarkan di
sekolah sekolah dan di instansi- instansi pendidikan lainnya. Salah satu contoh
berpikir kritis ini adalah dengan mengajarkan si anak didik untuk selalu
melihat dan memeriksa fakta dari semua berita yang telah sampai kepada mereka.
Problem Solving
/penyelesaian masalah bukan sekadar kemampuan menyelesaikan
persoalan-persoalan tertentu saja. Problem solving adalah
sebuah mindset yang
membawa seseorang berpikir positif untuk mencari jalan keluar dari permasalahan.
Ada
7 cara yang dilakukan untuk meningkatkan Problem Solving yaitu: 1) Berpikir Positif , 2) Identifikasi
masalah, 3) Mencari ide, 4) Evaluasi, 5) Eksekusi , 6) Mengecek kembali , 7)
Mengembangkan ide lain.
2.
Creativity
Berpikir kreatif adalah James C
Coleman dan Coustance L Hammen berpendapat bahwa kreatifitas adalah “Thinking
which produces new methods, new concepts, new understanding, new inventions,
new work of art.”. Kreatifitas adalah membawa sesuatu yang tidak ada
sebelumnya, baik sebagai produk, proses atau pikiran. Kreatifitas sangat penting
untuk menyiasati segala keterbatasan yang kita miliki, memecahkan masalah pada
berbagai aspek kehidupan, sekaligus menghasilkan peluang atau karya baru untuk
memudahkan kehidupan (pekerjaan) kita.
Dari pengertian Kreatifitas tersebut maka sudah
seharusnya untuk semua orang yang hidup di abad ke 21 adalah belajar dengan
kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar. Salah satu kekreatifan
yang dilakukan untuk strategi pembelajaran sejarah adalah dengan memanfaatkan
media yang ada di kelas seperti kertas yang dibuat kuis.
3.
Communication
Skills
Kemampuan Komunikasi adalah kemampuan yang harus dimiliki di abad
21, kemampuan berkomunikasi ini dapat menjembatani untuk bertambahnya teman,
mempererat kelompok dan memudahkan segala urusan belajar.
4.
Ability
to Work Collaboratively
Kemampuan untuk bekerja sama di era mileneal ini dapat mempercepat
suatu pekerjaan. dengan melibatkan siswa untuk menjaga kebersihan kelas dan
lingkungan sekolah. Setiap siswa di bagi tugasnya masing masing untuk
membersihkan kelas. Selain itu siswa di bagi-bagi perkelompok untuk saling
bekerja sama memjawab soal atau tugas.
B.
Cara
mendesain Pembelajaran Abad 21
a.)
Mengoptimalkan
peranan internet
Di
Abad ke 21 ini internet sangat berperan dalam membantu proses pembelajaran,
salah satunya adalah layanan braily, ruang guru dll. hal ini bila dioptimalkan sangat membantu
dalam pembelajaran siswa. Maka dari itu perlu adanya pengoptimalan.
b.)
Guru
menjadi fasilisatoruntuk muridnya
Bila
abad abad sebelumnya guru itu biasanya menggurui siswanya, sekarang
pembelajaran abad 21 di desain agar sang guru menjadi fasilitator siswanya.
Bukan lagi menggurui siswanya.
c.)
Merdeka
belajar
Salah satu dari
kebijakan yang sangat membantu dalam pendisainan pembelajaran abad 21 ini
adalah program merdeka belajar dimana administrasi yang selama ini sanagt
menguras tenaga mulai di hapuskan, contohnya RPP ynag di singkat.
Komentar
Posting Komentar