Mengenal Eropa

Mengenal Eropa 

Oleh : Pa Miftahul Habib Fachrurozi M. Pd.
Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Siliwangi

Keadaan Alam 

Pegunungan Tinggi : Bagian selatan Eropa yang didominasi oleh pegunungan Alpen, membentang dari Spanyol sampai Pegunungan Kaukasus
Daratan Rendah: Terletak meluas dari lembah Garone di Prancis, sampai pegunungan Ural di Asia Timur
Daratan Tinggi: Terletak dibagian tengah dan barat laut. Di bagian tengah, beberapa dataran tinggi ynag terletak di wilayah ini antara lain dataran tinggi Maseto (Spanyol) , dataran tinggi Masif Tengah (Prancis) , dataran Tinggi Ardenes (Belgia), dataran Tinggi Vosges (Prancis). Di bagian barat laut, Dataran tinggi ini membentang dari Prancis bagian barat melalui kepulauan Inggris, Skandinavia (Norwegia dan Skotlandia)


Sumber: world map


Pembagian Sub Region di Eropa

Eropa Timur 
Eropa Utara
Eropa Barat
Eropa Selatan


Eropa Timur 

Sumber : Peak DMC



Eropa Utara


Sumber: Mikirbae.com



Eropa Barat

Sumber : Tugas Sekolah

Eropa Selatan 

Sumber: Mikir bae


Negara dengan jumlah penduduk Terbanyak 
  1. Russia (143 juta)
  2. Jerman (82 juta)
  3. UK (66 juta)\
  4. Perancis (64 juta)
  5. Italia (59 juta)
  6. Spanyol (46 juta)
  7. Ukraina (44 juta)
  8. Polandia (38 juta)
  9. Rumania (19 juta)
  10. Belanda (17 juta)
Beragam Suku Bangsa di Eropa
  1. Suku bangsa Nordik
  2. Suku bangsa Alpen
  3. Suku bangsa Mediteran
  4. Suku bangsa Slavia
  5. Suku bangsa Dinarik

Suku Bangsa Nordik
- Ciri fisik suku bangsa ini rambut pirang, mata biru, tengkorak panjang , muka sempit, hidung mancung dan sempit dan perawakannya tinggi

- Domisili mayoritas di Eropa Barat dan Eropa Utara yaitu Norwegia, Inggris, Denmark, Belanda, Swedia, Belgia, dan Jerman Bagian utara. 

Suku Bangsa Alpen 
- Bermata cokelat, abu-abu dan berambut pirang, coklat terang  hingga cokelat gelap. Mereka diidentifikasi sebagai turun dari Celtic yang berada di Eropa Tengah, seperti Perancis, Swiss dan Belgia.
- Domisili Eropa Tengah dan Selatan yaitu Perancis, Swiss, Polandia, Austria, dan Jerman selatan.

Suku Bangsa Mediteran 
- Bermata agak kecoklatan hingga cokelat atau gelap dan berambut kecoklatan hingga cokelat gelap
- Bentuk perawakannya tinggi , panjang  (Berkepala panjang ) atau sedang ( meshocepalic), hidung sempit dan sering sedikit bengkok, prevalensi rambut dan mata gelap , warna kulit cokelat gelap, zaitun merupakan warna kulit umum.
- di Eropa Selatan seperti Yunani, Italia, Portugis, dan Spanyol

Suku Bangsa Slavia
- Bermata abu-abu atau biru dan berambut pirang keputih putihan . Ciri mereka ditandai dengan bertubuh lebih pendek , berkepala pendek, berwajah luas, besar dibawah rahang, dagu tidak menonjol, datar , agak luas, hidung pendek dengan batang dan rendah, kaku
- Tinggal di Eropa Timur yaitu Russia , Ukraina, Polandia (termasuk minoritas Kashubi), Ceko, Belarus, Slovakia, Slovenia, kroasia, Serbia, Montenegro, Bulgaria, Macedonia, dan Bosnia-Herzegovina.
- Negara-negara lain seperti Kazakhstan, Moldova, Lithuania, Estonia, dan Latvia juga memiliki bangsa Slavia dalam jumlah yang agak besar.

Suku Bangsa Dinarik
- Sering disebut ras peralihan antara Ras Alpina dan Mediteran dengan tubuh tinggi-tinggi . memiliki ciri-ciri berambut hitam kecoklatan.
- Banyak terdapat di daerah pegunungan Balkan Barat : Kroasia, Serbia, Montenegro, Bosnia dan Herzegovina, Albania, Slovenia, Austria, bagian barat laut Bulgaria, dan barat laut Republik Makedonia, Utara dan Timur Italia, Barat Yunani, Rumania, bagian barat Ukraina, Jerman bagian tenggara dan bagian selatan , Polandia, dan Tenggara Perancis.


Komentar