Analisis Permasalahan dalam Pembelajaran Sejarah Part II
- Pendidikan berperan dalam pembentukan sikap nasionalisme untuk mengantisipasi tantangan global dan berbagai gejolak disintegrasi bangsa Indonesia, mengingat pengalaman sejarah membuktikan bahwa sikap nasionalisme mampu membangkitkan dinamika social dimasa lalu
- Sikap Nasionalisme yang dimiliki oleh bangsa Indonesia mampu mengantarkan bangsa ini menuju pada kemerdekaan ditengah keterbelakangan pengetahuan bangsa Indonesia dan kuatnya persenjataan penjajah, dimana dalam konteks sekarang nasionalisme menunjukkan kerapuhan
- Permendikbud No 22 Tahun 2006 dalam standar isi materi pembelajaran sejarah memiliki arti yang strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air
- Secara umum Materi sejarah mengandung
1. Nilai nilai kepahlawanan keteladanan kepeloporan, patriotism,
nasionalisme, dan semangat pantang menyerah
2. Memuat khasanah peradaban bangsa-bangsa
3. Menanamkan kesadaran persaudaran, persatuan serta solidaritas dalam menghadapi
disintegrasi bangsa
4. Syarat dengan ajaran moral dan kearifan untuk
mengatasi krisis multi dimensi
5. Menanamkan dan mengembangkan sikap
tanggungjawab
Taufik Abdullah (1996:10), pembealajaran
sejarah akan membuat siswa tidak bosan menerima materi sejarah apabila secara
factual apa yang disampaikan guru mendorong pada pemahaman, pengetahuan, dan
pemberian keterangan sejarah yang semakin tinggi.
Kendala dalam pembelajaran sejarah
•
Pelajaran sejarah dianggap pelajaran yang
tidak menarik
•
Penggunaan model pembelajaran yang kurang
bervariatif
•
Metode pembelajaran sejarah kurang
menantang intelektual siswa
•
Motivasi belajar sejarah yang kurang
•
Buku-buku dan media pembelajaran sejarah
yang kurang
Untuk mengatasi permasalahan tersebut
melakukan pembelajaran kontruktivisme dan inquiry
Sekian dan terima Gajih 🙏
Komentar
Posting Komentar