Analisis Permasalahan dalam Pembelajaran Sejarah Part II


  • Pendidikan berperan dalam pembentukan sikap nasionalisme untuk mengantisipasi tantangan global dan berbagai gejolak disintegrasi bangsa Indonesia, mengingat pengalaman sejarah membuktikan bahwa sikap nasionalisme mampu membangkitkan dinamika social dimasa lalu
  • Sikap Nasionalisme yang dimiliki oleh bangsa Indonesia mampu mengantarkan bangsa ini menuju pada kemerdekaan ditengah keterbelakangan pengetahuan bangsa Indonesia dan kuatnya persenjataan penjajah, dimana dalam konteks sekarang nasionalisme menunjukkan kerapuhan


























  • Permendikbud No 22 Tahun 2006 dalam standar isi materi pembelajaran sejarah memiliki arti yang strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air
  • Secara umum Materi sejarah mengandung
1. Nilai nilai kepahlawanan keteladanan kepeloporan, patriotism, nasionalisme, dan semangat pantang menyerah


2.  Memuat khasanah peradaban bangsa-bangsa
3. Menanamkan kesadaran persaudaran, persatuan serta solidaritas dalam menghadapi disintegrasi bangsa
4. Syarat dengan ajaran moral dan kearifan untuk mengatasi krisis multi dimensi
5. Menanamkan dan mengembangkan sikap tanggungjawab


Taufik Abdullah (1996:10), pembealajaran sejarah akan membuat siswa tidak bosan menerima materi sejarah apabila secara factual apa yang disampaikan guru mendorong pada pemahaman, pengetahuan, dan pemberian keterangan sejarah yang semakin tinggi. 

Kendala dalam pembelajaran sejarah
      Pelajaran sejarah dianggap pelajaran yang tidak menarik
      Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariatif
      Metode pembelajaran sejarah kurang menantang intelektual siswa
      Motivasi belajar sejarah yang kurang
      Buku-buku dan media pembelajaran sejarah yang kurang
Untuk mengatasi permasalahan tersebut melakukan pembelajaran kontruktivisme dan inquiry


Sekian dan terima Gajih 🙏





Komentar