Analisis Permasalahan dalam Pembelajaran Sejarah

Analisis Permasalahan dalam Pembelajaran Sejarah


  • Pembelajaran terdiri dari dua proses yaitu belajar dan mengajar 
  • Pembelajaran adalah suatu usaha mengkoordinasikan proses belajar 
  • Pembelajaran sejarah berkaitan dengan teori-teori kesejarahan
  • Belajar mengajar merupakan suatu system instruksional mengacu kepada seperangkat komponen yang saling berkaitan satu sama lain dalam mencapai tujuan
  • Belajar meliputi : tujuan, siswa, guru, metode, situasi belajar, evaluasi
  • Pembelajaran sejarah menekankan pada membangun kepribadian siswa dan sikap mental siswa
  • Sutrisno Kuntoyo (1985:46), kesadaran sejarah paling efektif diajarkan melalui pendidikan formal
  • Prof . Hamid Hasan,ada beberapa penekanan pendidikan sejarah
Secara tradisional pendidikan sejarah dimaknai sebagai upaya untuk menstransper kemegahan bangsa dimasa lampau kepada generasi muda, sehingga posisi pendidikan sejarah sebagai wahana bagi pewarisan nilai-nilai keunggulan bangsa dan membangun kebanggaan bangsa serta pelestarian keunggulan tersebut.

Pendidikan sejarah berkenaan dengan upaya memperkenalkan kepada peserta didik dengan disiplin ilmu sejarah, sehingga berpikir kronologis, pemahaman sejarah, kemampuan analisis dan penafsiran sejarah, kemampuan penelitian sejarah, kemampuan analisis isu, dan pengambilan keputusan (historical issues analysis an decision making) menjadi tujuan penting dalam pendidikan sejarah. 

  • I Gde Widya (1989:3), pembelajaran sejarah merupakan perpaduan antara aktivitas belajar dan mengajar yang didalamnya mempelajari  tentang peristiwa masa lampau yang erat kaitannya dengan masa kini
  • Padmopuspito, pembelajaran sejarah harus bersifat ilmiah, siswa perlu bimbingan dalam berpikir tetapi penafsiran, penilaian tidak boleh dipaksakan karena mematikan daya pikir siswa
Buston dalam Haryono (1995:12) tiga faktor yang harus dipahami tentang materi sejarah
  1. Hakekat fakta sejarah
  2. Hakekat dalam penjelasan sejarah
  3. Obyektivitas sejarah
Materi part II klik link di bawah


Komentar