Peradaban Pulau Kreta



Pulau Kreta Mengawali Peradaban Kuno Eropa


Mengutip dari minoancrete.com peradaban di pulau Kreta, Yunani terjadi  tahun 3000 dan 1100 SM, . Peradaban Kreta ini merupakan peradaban awal eropa. sekarang kita mengenalnya sebagai kebudayaan Minoan.

Kebudayaan Minoan ini berpusat di kota Knossus. buktinya adalah dengan ditemukannya reruntuhan istana Minos di kota tersebut oleh Arthur Evans. Istana di Knossus ini sangatlah menarik karena berbentuk labirin. Labyrinth (Labirin berasal dari kata "Labrys" yang berarti "mudah tersesat". Di bentuk demikian karena letak pulau kreta yang strategis sangat rawan untuk diserang musuh.

Kenapa di sebut disebut kebudayaan Minos/Minoan
Saat itu Arthur Evans yang menggali reruntuhan di Knosus bingung mengenai apa sih nama kebudayaan kreta ini, alhasil ia menamai kebudayaan Kreta ini dengan nama raja yang terkenal waktu itu yaitu Raja Minoan. Jadi kata Minoan ini merupakan nama Raja.

Dari Mana Asal usul penduduk pulau kreta?

Penduduk pulau kreta ini berasal dari Asia Kecil  . Pada 3000-5000 SM masyarakat Kreta sudah memiliki kebudayaan yang tinggi. Kebudayaan bercorak maritim yang ditandai dengan armada laut yang sangat kuat. Masyarakatnya hidup dari perdagangan di laut Aegea dan laut Tengah. (Djaja, 2012:3)

Peta Asia Kecil atau Anatolia (Sekarang Turki) yang menjadi daerah asal penduduk Minoa
Sc pi: wikipedia


Gimana sih hasil kebudayaannya?
Hasil kebudayaan masyarakat Kreta ini adalah arsitektur, seni patung dan seni kerajinan. Kebudayaan Minos berupa arsitektur dapat dilihat dari istana besar di Knosus yang dindingnya diwarnai dengan lukisan berwarna dari cat air. pada tahun 1600SM raja Minos membangun istana tersebut. Masih di daerah knosus, ditemukan juga tempat pemandian. Seni kerajinan kramik juga sudah dibuat oleh bangsa Yunani.

Reruntuhan bangunan kebudayaan Minos 
Sc pic: wiki book


Selain itu, Kebudayaan minos juga terkenal dengan Seni lukis fresko, seni grabah /porselin , seni pahat pada gading atau media lain dan seni kerajinan logam. Peradaban minos juga telah mengenal tulisan yaitu tulisan minos.

Sumber tentang sejarah pulau Kreta
Mengutip dari Djaja (2012:3-4) seorang penyair bernama Homerus membuat  karya sastra berjudul Illiad dan Odysseia yang menceritakan pulau Kreta sebagi daerah yang indah permai, memiliki tidak kurang dari 90 kota.

Isi sastra Homerus diperkuat dengan adanya penggalian yang dilakukan Arthur Evans dari Inggris tahun 1878. Dari penggalian ditemukan bukti-bukti kejayaan peradaban Kreta di masa lalu. Bahwa kegiatan pelayaran dan perdagangan sangat menunjang dalam memakmurkan masyarakat Kreta. Kota-kota pusat perdagangan seperti Knosus dan phaestos telah tertata dengan baik.

Sir Arthur Evan (Ahli Arkeologi Inggris) yang menggali sisa" hasil kebudayaan di pualau Kreta
Sumber Gambar: Brown Edu



Masa kejayaan pulau Kreta

Raja yang membawa kejayaan Kreta adalah  raja Minos . Ia membuat angkatan laut yang sangat kuat hingga dapat menguasai Laut Aegea, hingga Swedia. Karena kehebatan masa raja Minos ini, bangsa Mesir, Syiria, Babylonia, Asia kecil dan kerajaan lainnya untuk berhubungan dagang dengan Kreta. Bahkan bangsa Swedia memberikan upeti pada Minos.

Letak geografis pulau kreta yang sangat strategis yaitu di daerah antara Mesir, Yunani dan Mesopotamia menyebabkan rakyatnya hidup dibidang pelayaran dan perdagangan. Karena letak yang strategisnya itu juga membuat pulau kreta menjadi pusat bertukarnya kebudayaan, Asia, Afrika dan eropa.


Keruntuhan Minos
Pada abad ke 15 SM, kerajaan Minos ini diperkirakan runtuh akibat dari terjangan bencana alam yaitu meletusnya gunung Thera.  Bangsa ini juga diserang oleh bangsa Mikene.

Tahun 1000SM, pulau Kreta didatangi oleh Ionia yang kemudian berakulturasi dengan suku lokal. yang kemudian sekarang kita mengenalnya dengan Yunani.

Sumber:
Djaja, Wahjudi (2012). Sejarah Eropa. Yogyakarta:Ombak


Komentar