Tugas Santuy Historiografi




Untuk Kelas B ( Hari Senin)
Sebagai pengganti kuliah, bapa ngasih tugas soal sebagai berikut:
1. Apa itu ilmu historiografi
2. Sejak kapan manusia mengenal historiografi
3. Tuliskan karakteristik historiografi tradisional
4. Jelaskan isi karya tulis dari Kitab nagarakertagama

Untuk Kelas A (Hari Rabu)
Tugas soal matkul historiografi:
1. Sejak kapan  lahir budaya historiografi di indonesia, dan dari mana dimulainya.
2. Mengapa historiografi tradisional karakteristik penulisannya istana sentris.
3. Historiografi tradisional dlm batas2 tertentu bisa dijadikan referensi untuk penulisan sejarah sekarang ini. Berikan alasan2nya.
4. Historiografi tradisional bersifat religio magis. Jelaskan apa maksudnya.
5. Jelaskan perbedaan isi kitab pararaton dibandingkan dg kitab nagara kertagama dalam  kisah yang menyangkut mojopahit


Jawaban.......
Kelas B ( Hari Senin)

  1. Historiografi berasal dari 2 kata yaitu History artinya sejarah , grafi artinya tulisan. Jadi Historiografi adalah tulisan Sejarah. Jadi semua tulisan yang ada di dunia ini disebut historiografi.
  2. Sejak manusia mengenal tulisan atau setelah masa prasejarah
  3. Istana sentris (maksudnya adalah tulisan sejarah tradisional ini didominasi oleh tulisan tentang lingkungan istana), Religio Magis ( karya historiografi tradisional dipandang memiliki kekuatan magis, tidak boleh dibaca oleh sembarang orang), Psiko Magis ( dipakai oleh raja untuk mendapat kepercayaan dari elit kerajaan dan rakyat), Regio sentrisme ( ditulis untuk menunjukan aspek wilayah pusat) dan Puja Sastra (memuji raja secara berlebih)
  4. Puja puji untuk raja Hayam wuruk, Babad kertanegara ini ditulis oleh Mpu Prapanca dengan memuji raja agar ia dibebaskan dari penjara.
Jawaban.... 
Kelas A ( Hari Rabu)

  1. Sejak orang Indonesia menenal tulisan, Dimulai sejak abad ke 4 M  yaitu  prasasti di kutai
  2. Karena tulisan sejarah tradisional ini didominasi oleh tulisan tentang lingkungan istana. Raja dan keluarganya di tulis secara berlebihan dan raja di pandang sebagai tokoh sentral yang memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak bisa ditandingi oleh siapapun. 
  3. Tertulis nama orang, tahun dan daerah.
  4. karya historiografi tradisional dipandang memiliki kekuatan magis, tidak boleh dibaca oleh sembarang orang yang tidak memilki kedekatan dengan raja.
  5. Kitab negara kertagama berisi puja puji untuk raja Hayam wuruk,  ditulis oleh Mpu Prapanca dengan memuji raja agar ia dibebaskan dari penjara. artinya ketika Mpu Prapanca menulis kitab ini , ia sedang ditertekan.  Berbeda dengan kitab pararaton yang di tulis untuk melegitimasi kekuasaan raja, namun sang penulis tidak sedang dalam tekanan...

Komentar