Tugas Nyalse Kewirausahaan


Assalamu alaikum ( Shalom) Om Santi Santi Om

Hari ini bapak tidak bisa ngasih kuliah kewirausahaan. Untuk penggantinya bapa ngasih soal sebagai berikut:

1. Apa alasan pemerintah kepada para pemuda/i untuk mendorong diri agar berminat berwirausaha. Jelaskan.
2. Hal penting dalam berwira usaha diantaranya menumbuhkan kemampuan ber-inovasi dan kreatif. Jelaskan.
3. Seandainya anda ada peluang berwirausaha, kira2 bidang usaha apa yang akan anda bangun dan jalankan.
4. Dan terkait dengan nomor 3 di atas, bagaimana solusi permodalan dan langkah pemasaran yang akan anda lakukan.


Jawaban

  1.  Alasan yang paling urgen yaitu untuk mengurangi masalah pengangguran dan kemiskinan. Sehingga menghasilkan lapangan pekerjaan. Sealin 2 alasan tadi, alasan lain adalah keinginan pemerintah untuk menjadikan negara Indonesia ini maju, karena syarat untuk jadi negara maju salah satunya adalah minimal wirausahawan harus 2 persen dari jumlah penduduk..
  2. Menumbuhkan sikap inovasi dan kreatif ini sangatlah penting karena kedua sikap ini akan mengantarkan para wirausahawan kepada kesuksesan. Adapun ciri dari sikap kreatif adalah : a) Berani tampil beda, b) memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, c) optimistik, d)memandang masalah sebagai peluang, e) peke terhadap lingkungan f) luwes menyikapi peluang. Adapun Penghambat Kreatifitas adalah: a) tekanan waktu, b) dukungan managemen& kebijakan organisasi, c) rekan kerja yang pesimistis, d) mengikuti aturan yang membabi buta, e) terlalu tersepesialisasi, f) takut terlihat tolol, g )takut slah dan gagal, h) bekerja serba rutin... 
  3. Pengembangan usaha produk-produk teh, dasranya adalah karena di lingkungan saya dekat dengan perkebunan teh namun belum optimal dalam pemasaran dan inovasi produknya, Saya berencana membuat Bojonggambir tea dengan rasa yang berbeda dengan teh-teh lainnya.
  4. Untuk modal pengembangan usaha yang nanti bakal saya bakal minjem dulu ke KUR, mayan bunganya kecil. Pemasarannya melalui media sosial dan juga di sebarkan di tempat-tempat pariwisata di sekitar Bojonggambir. Kalau laku keras, modal di tambah dan pemasaran di perluas. 




Komentar