Soal UTS Sejarah Sosial


1.      Di Indonesia sejarah sosial pertama kali ditulis dalam historiografi Indonesia oleh SARTONO KARTODIRDJO “PEASANT REVOLT OF BANTEN IN 1888” telah menggunakan pendekatan-pendekatan yang memanfaatkan teori dan konsep ilmuu-ilmu social. Mengapa penulisan sejarah social harus menggunakan pendekatan ilmu social bukan hanya ilmu sejarah?
2.      Sejarah Sosial dalam pengertian Historiografi Marxitis adalah golongan bawah seperti petani, buruh, pedagang, Gerakan mahasiswa dan lain-lain. Mengapa yang menjadi objek dan kajian sejarah  sosial kalangan bawah yang secara politik dan ekonomi tidak memiliki pengaruh yang besar?
3.   Menurut Sartono ada empat (4) jenis gerakan petani, yaitu Millenarianisme, Messianisme, Nativisme, dan Fisabilillah. Sebutkan masing-masing 1 contoh gerakannya! Mengapa Anda memberikan contoh tersebut jelaskan analisis jawabannya!
4.      Menurut Belandier, gerakan-gerakan keagamaan pada umumnya menyandang watak reaksi total, yaitu menolak kehadiran Eropa. Mengapa demikian?
5.      Aturan Sistem Tanam Paksa pada teorinya tidak memberatkan tetapi pada prakteknya sebaliknya terjadi penyelewengan. Sebutkan 4 dampak positif sistem tanam paksa!  

JAWABAN
1. Karena lebih berkaitan erat dengan teori-teori sosial,  
2. Karena golongan bawah itu merupakan golongan yang selalu dilupakan dan di tindas oleh golongan burjois. 
3. a.) Gerakan Millenarianisme contohnya peristiwa Jasmani di Kediri Jawa Timur, 1877 alasannya karena Jasmani ini berani memberontak ke pemerintahan kolonial Belanda, hal itu sangat sesuai dengan pengertian Millenarianisme itu sendiri yaitu menentang penjajahan bangsa barat.
b) Gerakan Messianisme. (Pemberontakan petani Banten 1888) alasannya karena 
c) Gerakan Nativisme (Gerakan Madrais di Cirebon) alasannya karena Madrais ini membuat kepercayaan baru yaitu Sunda dan Jawa. 
d) Gerakn Fisabilillah adalah gerakan suatu gerakan sekte keagamaan salah satu contohnya adalah gerakan  haji Muhammad Rifangi. Alasannya karena Haji Muhammad Rifangi mengobarkan semangat perang sabil untuk melawan kaum kafir.
4. Karena orang-orang Eropa dianggap sebagai bangsa kafir yang harus di perangi dan akan menjadi musuh islam .
5. a. Dikenalnya tanaman produksi baru di Indonesia seperti teh, kopi, kina dan karet
b. Dibangunnya inflastruktur pertanian seperti irigasi
c. Dilakukannya politik etis atau politik balas budi yang menghasilkan kalangan terdidik dari rakyat Indonesia.
d.) Dikenalnya teknik pertanian baru.

Komentar

Posting Komentar