Soal UTS problematika

Berikut adalah soal nya:


1.      Diterbitkannya Peraturan Mendiknas No. 24 Tahun 2006 tentang pelaksanaan Standar Standar Isi dan Kompetensi Lulusan adalah pemberian peluang bagi sekolah untuk mengembangkan sendiri dalam menyusun kurikulumnya sesuai dengan Misi, Visi, Tujuan sekolah, serta keleluasaan dalam menyusun Silabus. Apa kendala yang dihadapi guru sejarah dengan terbitnya Permendiknas tersebut ditinjau dari Standar isi dan proses pembelajaran?
2.      Problematika Pembelajaran adalah kendala atau persoalan dalam proses belajar mengajar yang harus dipecahkan agar tercapai tujuan yang maksimal. Bagimana cara mengatasi permasalahan peserta didik dalam Proses Belajar Mengajar (PBM)?
3.      Permasalahan yang dimunculkan dalam pendidikan sejarah bangsa Indonesia adalah mengenai posisi pendidikan sejarah dalam kurikulum, tujuan pendidikan sejarah, materi sejarah dan bagaimana materi tersebut diorganisasikan, proses pembelajaran sejarah, dan asesmen hasil belajar pendidikan sejarah. Bagaimana cara mengatasi permassalahan tersebut?
4.      Posisi kurikulum pendidikan Sejarah dalam kurikulum di Indonesia hampir sama dengan posisi pendidikan sejarah di berbagai negara lain. Di jenjang pendidikan dasar, pendidikan sejarah diorganisasikan dalam pendidikan IPS sedangkan di jenjang pendidikan menengah terjadi dua posisi. Di SMA pendidikan sejarah diposisikan sebagai pendidikan disiplin ilmu sedangkan posisi kedua pendidikan sejarah dikemas dalam pendidikan IPS di SMK. Permasalahan apa yang dihadapi oleh guru sejarah di jenjang SMA terkait posisi Mata Pelajaran Sejarah di SMA dan solusi yang dilakukannya seperti apa diikaitkan dengan tugas lapangan untuk observasi ke sekolah?

JAWABAN
1. 

Komentar