Review Buku Empat Pilar Kehidupan Berbangsa


Review buku Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara





Buku Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara adalah sebuah buku yang di bagikan oleh MPR RI untuk mengedukasi masyarakat terutama kaum muda untuk lebih mengenal dan mencintai Indonesia. Hal ini sangat berdasar karena saat ini kecintaan pemuda terhadap Indonesia terutama budayanya sangatlah luntur, anak muda sekarang lebih menyukai budaya luar kek kpop- rock, mabok, dibandingkan budaya sendiri.

Buku ini saya dapatkan cuma-cuma ketika berstatus sebagai siswa MA Ma’arif Al-Ma’mun, Sebenarnya buku yang di berikan oleh MPR ke sekolah-sekolah itu setiap murid di bagi 4 buah buku namun 1 buku nya lagi hilang ntah kemana, ketiga buku itu yaitu tentang MPR, 4 pilar, dan UUD’45.
Buku ini menurut saya sangat cocok dijadikan bahan referensi untuk mata pelajaran atau mata kuliah PKN, selain itu buku ini juga cocok untuk dijadikan referinsi tentang 4 dasar negara Indonesia .

Sebelum membahas tentang isi dari buku ini, sebaiknya kita mengenal 4 dasar negara  yaitu Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Buku ini terdiri dari 5 bab yaitu bab pendahuluan, pencasila sebagai idelogi, UUD’45 sebagai konstitusi, NKRI sebagai bentuk bentuk negara, Bhineka Tunggal ika sebagai semboyan Bangsa.

Di bab pendahuluan ini menjelaskan tentang karakteristik negara Indonesia dari mulai kebesaran dan kemajemukan suku,bahasa dan budaya, dengan majemuknya Indonesia ini, tentunya menjadi tantangan bagi tokoh-tokoh terdahulu untuk membentuk dasar negara, bentuk negara dan wawasan kebangsaan.


Di bab Pancasila sebagai Ideologi menjelaskan sejarah pancasila dan rumusan pancasila dengan gamblang.

Di bab 3 UUD’45 sebagai konstitusi negara, nah di bab ini menjelaskan tentang paham konstitusionalisme, sejarah di berlakukannya konstitusianalisme, di bab ini sangat cocok dibaca untuk para organisator kampus/sekolah yang bercita-cita menjadi politikus.

Di bab 4 menjelaskasn tentang NKRI sebagai bentuk Negara, bahasan ini cocok bagi anak bahasa Indonesia anak sejarah karena menjelaskan sejarah Nama Indonesia dan juga bagaimana konsep Indonesia setelah merdeka.

Di bab 5 bakal ngejelasin tentang Bhineka Tunggal ika sebagai semboyan bangsa. Di bahasan ini sangat menarik dan sangat mengena sekali dengan bangsa Indonesia, Bangsa Indonesia terkenal akan kebhinekaanya bila di pahami oleh pelajar , mahasiswa , dan masyarakat , Inshaa Allah bangsa ini akan menjadi bangsa yang sangat toleran dan tidak ada yang tertindas. Bhineka tunggal ika ini menjelaskan tentang sejarahnya dan keanekaragaman bangsa Indonesia

Sangat di sayangkan semboyan ini dirasakan sangatlah luntur , karena dilihat dari sepakbola yang harusnya menyatukan malah saling bunuh-bunuhan. Tayangan kpop yang seharusnya di jadikan sumber insprirasi mencintai budaya sendiri malah mencintai budaya koreanya, kan kamvret…

Kelebihan Buku: Buku ini sangat cocok di jadikan sumber penulisan dan juga renungan bagi kaum muda Indonesia.

Kekurangan Buku: bahasa yang kurang menarik dan terlalu formal di rasa akan menjenuhkan dan juga judulnya kurang menarik dipastikan hanya orang yang penasaranlah yang bakal tertarik dengan  buku ini. Cover dari buku ini juga terlihat kurang menarik untuk pembaca muda.

Mungkin sekian yang dapat saya refresentasikan tentang buku Empat Pilar kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Semoga bermanfaat.

Komentar