Perang Korea (1950-1953)

Latar Belakang Terjadinya Perang Korea
Nah Guyys awal dari bencana perang Korea ini adalah ketika Jepang kalah dalam perang dunia II , setelah itu Amerika Serikat nawarin agar Korea dibagi 2 bagian dengan garis damarkasi 38º .Uni Soviet menguasai korut. AS menduduki Korsel. 
10 Agustus 1945 AS dan Soviet dapat jatah wilayah Korea

14 Agustus 1945 pasukan Soviet menyerang Korea. 

16 Agustus 1945 pasukan Soviet mendarat di Wonsan,
  
24 Agustus 1945 pasukan Soviet menduduki Pyongyang. 

September 1945 AS mendarat di Korsel.

Desember 1945 Soviet -Amerika membangun  wilayah perwalian PBB. 

Mei 1946-1947 perpindahan penduduk mulai terjadi

September 1947 AS mengadukan masalah Korea ke PBB 

14 November 1947 PBB memberi resolusi
Resolusi ini berisi tentang perintah PBB untuk mengadakan pemilu di Korea. 

Februari 1948 pemilu di protes
April 1948 masyarakat pulau Jeju memberontak 
10 Mei 1948 Korsel melakukan pemilu. 
15 Agustus 1948 Korsel berdiri dengan Syngman Rhee sebagai Presiden pertama. 
9 September 1948 Korut  berdiri , Kim Il –sung jadi  Perdana Mentri
April 1950 Stalin ngizinin Kim Il-Sung menginvasi Korsel
Mei 1950 Kim bertemu dengan Mao 
7 Juni 1950 Kim Il-Sung mengumumkan akan diadakan pemilihan umum seluruh Korea pada tanggal 5-8 agustus 1950 dan konferensi konsulat 15-17 juni 1950. 
11 juni 1950 Korut mengirimkan tiga diplomat ke Korsel tapi di tolak 
21 juni 1950 Kim mengganti rencana invansinya 
23 juni 1950 pasukan Korut sudah di perbatasan

Sebab – sebab Perang Korea
a.    Persaingan Idealogi Amerika dan Uni Soviet
b.    Tidak adanya kesepakatan antara Amerika Dan Uni Soviet mengenai pembembentukan Korea merdeka.

 Jalannya perang

Hari Minggu 25 Juni 1950 pukul 04.00 dini hari waktu setempat pasukan Korea menyerang ke Korea Selatan, perang yang secara tiba-tiba tentu saja menguntungkan pihak Korea Utara karena Korea Selatan tidak memiliki persiapan yang cukup, perang ini dimenangkan oleh Korea Utara dan diumumkan melalui radio pyongyang yang telah disiarkan diseluruh kota.
       “Dalam serangan tersebut, pihak utara dapat menduduki kota Chuchon,Ongjin dan bahkan Koesong sebagai kota penting Korea Selatan. Penyerangan pada 25 juni 1950 itu, sasaran sebenarnya adalah Seoul ibu kota Korea Selatan. Namun karena cuaca yang buruk, penyerangan tidak berhasil dilaksanakan”. (Agung.Leo,2012.)
Ketika terjadi penyeragan di kota Seoul yang menjadi pusan pemerintahan, Syngman Rhee dan staf pemerintahannya dievakuasi ke Taejon. 28 juni 1950 Seoul dapat direbut oleh pasukan Korea Utara yang artinya Korea Utara berhasil menguasai 50-80 mil2 wilayah territorial Korea Selatan dengan jumlah 12 kota dan 5000 desa dalam waktu 4 hari.
Amerika Serikat mendukung Korea Selatan dengan alasan membendung komunis di Asia. Amerika Serikat mengetahui yang mendukung Kora Utara adalah Uni Soviet. Amerika mengusulkan kepada dewan keamanan PBB untuk bersidang membicaran Korea. PBB mangeluarkan resolusi Mendesak Korea Utara untuk segera dan menarik mundur pasukannya sampai garis pararel ke 38o Lintang UtaraApabila Korea Utara tidak memperdulikan desakan tersebut maka PBB akan mendukung Korea Selatan.
            ”Pada 27 juni, presiden Truman memerintahkan kepada angkatan udara dan angkatan laut Amerika Serikat untuk memberi perlindungan kepada pasukan Korea Selatan. Kosentarasi pihak Amerika Serikat ditujukan pada semenanjung sebrang pulau Jepang. Pada pihak pemerintah Cina di Taiwan diminta untuk menghentikan lebih dahulu operasi-operasinya terhdap daratan Cina, baik operasi laut maupun operasi udara. Bantuan-bantuan militer kepada pemerintah Filiphina dan angkatan perang Prancis di Indocina ditingkatkan. Selain itu, Presiden Truman juga menandaskan untuk menggunakan pasukan-pasukan Amerika Serikat yang beradaa di Timur jauh yakni di Jepang, di bawah komando Dauglas MacArthur diperintahkan untuk mengadakan blokade di seluruh pantai Korea”. (Suko, 1971).
Pernyataan di atas merupakan strategi Amerika Serikat untuk menjaga meluasnya perang Korea. Agustus 1950 Korea Utara masih tetap unggul dari Korea Selatan. Hal ini dikarenakan Korea Utara melakukan penyusupan dan penyamaran yang sangat teliti sehingga dapat melemahkan pihak Korea Selatan, mampu membuat Korea Selatan simpati dengan ikrarnya Kim Il Sung untuk menyatukan Korea serta memperbaiki nasib rakyat Korea, dapat bertahan lebih lama karena pasukan logistik yang menyebar di mana-mana. Korea Selatan akhirnya membuat pertahanan yang dikenal dengan pertahanan PBB yang dipusatkan di Pusan dan dikenal dengan nama Pusat Parameter daerah pertahanan penting lainnya adalah Taegu.
September 1950 melalui pelabuhan Ichon jenderal MacArthur merencanakan merebut Seoul. Seoul berhasil direbut kembali pada tanggal 26 Semtember 1950 sehingga Korea Selatan mampu melampaui garis pararel ke 38o Lintang Utara. Kekalahan Korea Utara menjadi ancaman besar bagi Uni Soviet oleh karena itu Cina sebagai sekutu Uni Soviet datang ke Korea Utara untuk membantu Korea Utara, setelah kedatangan tentara Cina serangan dari Korea Utara ke Korea Selatan semakin terstruktur karena tentara Cina yang telah mempelajari peta perang Korea. Oktober-November 1950 Cina mengadakan Offensif  terhadap PBB dibawah pimpinan Jenderal Lin Pao sehingga PBB dapat berpindah ke garis Selatan karena awalnya PBB berada di Pyongyang.
Amerika Serikat memerintah MacArthur agar mempertahankan posisi pihak Selatan, MacArthur memberi kewenangan terhadap Jenderal Matthew B. Ridgway untuk melakukan opera di Korea. Jenderal Matthew B. Ridgway menggunakan personal tentara VIII dan krops X meliputi kekuatan daratan PBB. Kekuatan PBB di Korea semakin melemah setelah kedatangan Cina, Amerika Serikat dan PBB berinisiatif dalam perang Korea terdapat 15 negara yang terlibat Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Swedia, Belanda, Belgia, Kanada, Turki, Yunani, Afrika Selatan, Thailand, India, Filiphina, Australia dan Selandia Baru. Karena situasi yang tidak menemukan titik berakhirnya perang maka pihak pihak yang bersengketa mengajukan perundingan untuk  menghentikan perang. Perundingan tersebut disepakati oleh pihak Utara dan Selatan, selanjutnya diadakan serangkayan perundingan dan gecatan senjata.

4.      Upaya-upaya penyelesaian perang
1 Juli 1951  sekertaris Jenderal PBB Traygve Lie menyatakan Korea Utara telah kembali disebelah Utara garis pararel ke 38o Lintang Utara. Untuk mencegah meluasnya perang Jacob Malik sebgai wakil tetap Uni Soviet di PBB memerima usul Jenderal Traygve Lie dan melakukan perundingan. Upaya perundingan yang dilaukan antara lain:
a.    perundingan kaesong (10 Juli – 22 Agustus 1951)
Perundingan ini diadakan di Kaesong, penentuan Kaesong sebagai tempat Perundingan merupakan strategi RRC untuk menghambat gerakan PBB, hasil dari perundingan, diumumkan pada 26 Juni 1951 dengan keputusan sebagai berikut :
1)      penerimaan agenda perundingan.
2)      Penentuan garis demokrasi militer antara kedua pihak guna membentuk daerah militer sebagai prasyarat menghentikan perang.
3)      Memberi usul kepada pemerintah yang bersangkutan untuk menyelesaikan masalah Korea dalam tahap – tahap berikutnya.
Perundingan ini mengalami kegagalan karena kedua belah pihak tidak saling menghormati dan saling menuduh.
a.    Perundingan di Panmunyom (15 oktober – 17 juni 1953), korea utara mengusulkan garis demarkasi selebar 2 mil yang selanjutnya daerah ini di jadikan daerah bebas militer. Dan korea selatan menyetujuinya dengan ini masalah demakarsi selesai.
b.    Gencatan Senjata (27 juli 1953) perang korea berakhir dengan tidak ada pemenang dan tidak ada yang kalah.

C.    Dampak Perang Korea
1.      Dari Sisi Ekonomi
Membawa kerusakan ekonomi di Korea, namun meningkatkan ekonomi Jepang dan Amerika.  karena kebanyakan material yang digunakan adalah dibeli dari Jepang. Hal ini membuat kondisi (Nindya, 2018)
2.    Dari sisi Militer
 Basis militer Amerika di Korea Selatan, Militer menancap kuat Uni Soviet dan China menancap kuat di Korea Utara.

3.    Dari Sisi korban jiwa
Korut 1,5 juta prajurit  terbunuh. 
China 600.000 prajurit Cina tewas 
Korsel  500 k-  1 juta  tewas . 
Amerika 137.025, orang  (Oktorino, 2013 : 158-159)

4.      Dari sisi Komunisme
Paham komunis makin di tentang Amerika

Sumber : Makalah Kelompok

Komentar