Perdagangan Belanda

Assalamu alaikum wr. wb

Selamat malam guyss, 

Di malam yang sunyi ini, saya sedang duduk dan berniat untuk membahas tentang perdagangan Belanda..  untuk perdagangan Belanda semua orang udah pada tau bahwa salah satu perusahaan dagang swastanya yaitu VOC atau singkatan dari Verenigne Oostindische Compagnie.

Sama halnya dengan Portugis, dalam  masa Modern awal bangsa Belanda mengaitkan perdagangan (ekonomi) dan politik (kekuasaan). Berbeda dengan Portugis, Belanda melakukan perdagngan antar benua melalui suatu badan dagang yang di tugaskan khusus untuk itu, dilengkapi dengan modal yang di setorkan untuk itu. well perusahaan tersebut jadinya bukan milik pemerintah Belanda tapi milik warga negaranya. 

Sejak bebas dari penjajahan Spanyol, dalam tahun 1581 bangsa Belanda membentuk suatu republik Belanda Serikat yang dinamakan De Republiek der Verenigde Nederlanden yang terdiri atas 7 negara bagian. Setiap bagian memiliki penguasanya sendiri yang di lengkapi dengan perwakilan masing masing (staten). Pada zaman ini di Belanda belum ada raja, tetapi pengaruh keluarga Oranye berfungsi sebagai alat pemersatu. Selain itu ada juga Dewan Perwakilan yang mewakili semua negara bagian  yang dinamakan Staten-General. 

Adapun untuk ekonomi atau perdagangan berada di tangan kaum Bourgeoisie atau istilah kecenya burjuis. sedangkan politik masih milik kaum aristokrat. Nah guyys, kedua golongan ini berkolaborasi hal ini yang membuat perdagangan antar benua di jaman modern awal sangat mungkin terjadi.

Kesimpulan
Perdagangan Belanda adalah perdagangan yang di miliki orang pemodal Belanda yang bekerja sama dengan kaum penguasa. 

Ibrah/pelajaran
Suatu negara akan sukses ketika semua golongan atau elemen di negara tersebut bekerja sama. karna dengan kerja sama kedua pihak akan di untungkan. 

Mungkin sekian yang dapat saya ketik di malam ini. tetap semangat ya teman teman dan kita harus mengambil pelajaran dari setiap buku sejara yang telah kita baca. Semoga menjadi makhluk sukses + bagian di dunia dan akhirat.


Sumber Buku: Marwati Djoenoed Poesponegoro & Nugroho Notosusanto (2008) hal. 27

jangan lupa baca tentang perdagang portugis biar nyambung
klik link nya... https://salimwrite.blogspot.com/2019/07/sekilas-perdagangan-portugis.html

 Baca juga tentang pengertian aristokrat



Komentar