Kenapa sih VOC di bubarin?

Assalamu alaikum , salam santuy....

kenapa sih VOC di bubarkan?


VOC 
sc pic: Kumparan


VOC di bubarkan pada akhir abad ke 18. Tapi aneh sekali Ce esnya yaitu EIC masih bisa bertahan hingga pertengahan abad 19. Kemudian para sejarawan berunding, dan jawaban yang dikemukakan masih klasik yaitu karna korupsi. Nah para pegawai VOC di tuduh memperkaya diri sendiri sehingga merugikan VOC. Bahkan VOC di plesetkan menjadi Vergaan Onder Corruptie ( tenggelam karna korupsi).

sc pic:suaradewan


Tuduhan itu mulai di teliti lagi secara ilmiah tapi sulit di identifikasi karna waktu itu para pegawai VOC memiliki rumah mewah di Batavia (Jakarta Sekarang) dan Belanda yang jelas tidak dapat di biayai melalui gaji mereka. Itu artinya anak kecil pun pasti menyimpulkan bahwa rumah-rumah mewah itu di bangun dengan duid korupsi.. kek para koruptor di negara +62 sekarang.

Selain karna korupsi, ada jawaban lain nih yaitu Buku Ganda. maksud dari buku ganda itu Belanda mencatat uang yang di belanjakan di Asia, di Batavia juga ada catatan pembelanjaan tersebut. jadi catatannya jadi Ganda yaitu di Belanda dan di Batavia. 

Faktor lain yang menyebabkan VoC di bubarkan adalah karna perang. ketika Inggris gelud dengan Prancis, Belanda malah netral. Akibatnya kapal dagang VOC sering di jarah oleh inggris & prancis. Hal itu menyebabkan kapal dagang voC menjadi sedikit dan akhirnya volume perdagangan berkurang ,VOC jadi merugi.

perang Inggris Vs Prancis
sc pic: wikipedia


Kesimpulan
VOC di bubarkan di sebabkan  kombinasi antara pencatatan buku yang ganda sehingga banyak praktek korupsi serta akibat perang ( kapal dagang Belanda banyak di jarah)

sumber: SNI IV: 51-52

Komentar