Apa itu modern awal?

Assalamu alaikum wr. wb




Apa itu modern awal?

Dilihat dari kosakatanya kita pasti familiar dengan kata "modern".  Tapi untuk istilah modern awal pasti jarang mendengarnya.

Istilah "modern Awal" memang sangat jarang di gunakan dalam sejarah indonesia. Tapi, istilah itu telah lama digunakan para sejarawan untuk menunjukan masa diantara akhir abad pertengahan dan awal Revolusi Industri, atau awal abad ke 16 sampai abad ke 18 (istilah kecenya adalah Early Modern Period).

Jadi intinya sejarah awal adalah fase antara abad 16 ke 18.



Dimanakah pertama kali di cetuskan?
Istilah modern awal ini diCetuskan di benua biru atau Eropa. tapi istilah ini sekarang di anekdotkan atau di adopsi oleh daerah yang peradabannya lebih maju dari daerah lainnya.

Di negara eropa, masa modern awal berbentuk national state. Namun nation state jaman sekarang berbeda dengan dulu. kalo jaman sekarang national state lebih mengedepankan demokrasi, jaman dulu dibawah kendali aristokrasi dan  bersifat otoriter. Hal ini memungkinkan terjadinya perdagangan antar benua. Melalui kegiatan langsung oleh pihak kerajaan seperti di Portugal, atau memiliki dukungan pihak pemerintah Belanda, memungkinkan terekumpulnya modal, teknologi, dan sumber daya manusia untuk menyelenggarakan perdagangan besar-besaran ini.


Sumber:
Poesponegoro, M D & Notosusanto, Nugorho (2008) Sejarah Nasional Indonesia IV.: Kemunculan Penjajahan di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Halaman 3

Komentar