Apa yang di lakukan gandhi di Afsel?



Pada bulan April 1883 Gandhi  pergi ke Afrika Selatan untuk menyelasaikan suatu kasus hukum. Ia berlayar selama satu bulan dan akhirnya sampai di pelabuhan Durban. Dari pelabuhan Durban itu, ia di jemput Abdullah Seth (clien pertama yang di bela Gandhi). Abdullah meminta Gandhi untuk membantu agar uang yang di pinjam saudaranya sebesar 40.000 pounsterling dikembalikan. Setelah kasusnya selesai, Gandhi pergi ke Pretoria.

Gandhi pergi ke Pretoria dengan menumpang kereta pada malam hari. Ketika ia sedang duduk, ia di datangi oleh 2 petugas kereta yang meminta agar Gandhi keluar karna bukan warga Inggris. Nah waktu itu Gandhi menolak untuk keluar sampai akhirnya Gandhi di dorong keluar. Padahal waktu itu daerah yang di lewati sangat dingin.

Gandhi melewati malam dengan kesendirian dan merasa sangat terhina. Nah sejak saat itulah Gandhi mulai melakukan perlawanan terhadap tindakan diskriminasi. Situasi di Afrika Selatan membuat Gandhi terdorong untuk membela kaum terpinggirkan yang terus di diskriminasi. Ia membuat organisasi bernama Natal Indian Congress

Pada tahun 1906 dan 1908 gandi memimpin Satyagraha secara besar besaran di Afrika selatan. Satyagraha adalah suatu perlawanan tanpa kekerasan yang berupa perlawanan sipil, boikot dan perlawanan pasif. Pada tahun 1914 Gandhi pulang ke India karna di negri asalnya tersebut terjadi peperangan.

Sc: Wicaksana : Mahatma Gandhi(2019) hal 16-33.


Komentar