MAHATMA GANDHI WAFAT


Karna kurangnya sikap toleransi dalam menyikapi perbedaan agama,menyebabkan negara India  terpecah berdasarkan perbedaan agama yakni  Pakistan mayoritas islam  dan India mayoritas Hindu.Setelah perpecahan itu, terjadilah pembunuhan besar besaran kepada umat islam dan hindu. Negara India yang bermayoritas Hindu mengusir dan membunuh penduduk muslim dan sebaliknya, Pakistan yang bermayoritas islam mengusir dan membunuh umat Hindu.


Gandhi sangat prihatin dengan konflik tersebut. Ia ingin mencari solusi dari permasalahan tersebut dengan cara berpuasa. Namun pada 30 januari 1948, ketika hendak menghadiri upacara keagamaan, ia di tembak mati oleh pemuda Sikh yang sangat benci kepada Gandhi karna Gandhi dianggap terlalu membela umat muslim. Maka berakhirlah kisah sang tokoh perdamaian tersebut.
Dari perjalanan hidup beliau, dapat saya simpulkan bahwa setiap perjuangan pasti akan mendatangkan resiko, dan hendaknya setiap perjuangan harus di landaskan dengan cinta. Sesuai perkatan Gandhi berikut


”Cinta tidak pernah meminta, ia sesantiasa  memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tidak pernah membalas dendam. Dimana ada cinta, di situ ada kehidupan, manakala kebencian membawa permusuhan”
Note : Mari kita berjuang demi cinta…xixi


Sc: Wicaksana : Mahatma Gandhi(2019) hal 42 & 125

Komentar