Dokumen,Arsip pustaka dan museum


Sekilas tentang Dokumen
Dokumen adalah sekumpulan arsip yang berupa kertas, foto atau catatan-catatan lain yang masih digunakan atau masih bernilai guna (seperti akta kelahiran, surat nikah, surat perjanjian) KBBI ( https://jagokata.com/arti-kata/dokumen.html)

dokumen
sc pic: guru pendidikan.com

Berdasarkan KBBI tersebut, dapat dipahami bahwa dokumen adalah bukti yang sangat berharga yang harus selalu di jaga. Nah selain berupa kertas,  rekaman suara dan gambar dalam film juga termasuk kedalam dokumen. Biasanya dokumen ini berbentuk nonfisik. Namun dalam satu artikel tentang  dokumen, di ketahui bahwa bentuk  dokumen tidak hanya nonfisik, ada juga yang dokumen yang berbentuk Fisik.

Nah dokumen fisik tersebut di jelaskan oleh Suzanne Briet (seorang pustakawan dan dokumentalis yang menerbitkan manifesto sifat dokumentasi pada tahun1951) . Ia menganggap bahwa benda benda fisik juga dapat dianggap dokumen ketika mereka di bingkai sebagai bukti dengan sengaja . Pertanyaan paling terkenal yang ia tanyakan adalah  “Apakah binatang yang hidup adalah dokumen?”
Sc: di terjemahkan dari googleusercontent.com


Suzanne Briet
sc pic:FranciscoGonzalezLlopis


Pengertian Arsip , pustaka dan museum
Arsip adalah  dokumen yang bisa digunakan sebagai alat dan sekaligus sebagai bukti terselenggaranya aktivitas seseorang atau korporasi (https://salimwrite.blogspot.com/2019/06/arsip-kepercayaan-hilang-cinta-melayang.html)

Arsip
sc pic:maxmanroe.com


Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. UU no 43 2007 (http://biotek.lipi.go.id/index.php/publication/berita/umum/1877-perbedaan-perpustakaan-dan-arsip)

pustaka
sc pic: Eureka Pendidikan

Museum adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno. (https://jagokata.com/arti-kata/museum.html)


Museum
Sc pic:Thrillist

Tujuan dari ketiganya sama yaitu pengumpulan dan pelestarian informasi warisan budaya untuk pendidikan publik.  Tujuan arsip, pustaka dan museum tersebut sudah di klasifikasikan sebagai bagian dari jenis-jenis informasi seperti yang di nyatakan oleh Michael Buckland dalam artikelnya “ Information as thing.’membedakan 3 jenis informasi yaitu  informasi sebagai proses, sebagai pengetahuan (fakta), dan informasi sebagai hal (objek, data, dokumen).
 Nah perbedaan yang paling menonjol antara ketiganya  adalah media nya. Museum focus pada objek, perpustakaan focus ke buku, dan Arsip focus ke catatan grafik.
Lebih jelas perbedaannya di jabarkan sebagai berikut

ARSIP:
1)      Tercipta dari kegiatan
2)      Begitu tercifta dapat di akses secara terbatas
3)      Hilang tidak dapat di buat lagi
4)      Tidak diperjualbelikan
5)      Di simpan di Nasional
6)      Sumber primer

PUSTAKA:
1)      Tercipta dengan perencanaan
2)      Siapapun boleh membaca
3)      Dapat dicetak lagi
4)      Dijualbelikan
5)      Buku sumber sekunder

Sumber 1: Syifa Achipa Chipong, chipongsemangat45.blogspot.com
Sumber 2: Rangkiang budaya.wordpress.com

Komentar