Arsip hilang Asett melayang


Assalamu alaikum wr. wb


Pada postingan kali ini saya terpicu untuk menulis tentang arsip yang sangat berharga untuk sebuah negara. Kebetulan bahasan tentang arsip ini sangat menarik mengingat sangat populernya istilah “Arsip hilang asset melayang”. Kalo di cocoklogikan arsip tuh seperti kepercayaan, karna ada istilah “kepercayaan hilang cinta melayang”. Atau bisa juga arsip kek sayur tanpa garam. Jadi intinya arsip tuh sangat berharga buat negara.


Arsip
sc pic: arsip & pustaka


Pengertian Arsip
Menurut undang- undang, arsip dapat di definisikan sebagai berikut:

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang di buat dan di terima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan , perusahaan , organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (pasal 1, ayat 2, UU No.43 Thn 2009)


Asal usul Arsip
Arsip berasal dari kata archeion (bahasa yunani) dan archivum (bahasa latin) artinya kantor pemerintah dan kertas yang di simpan di kantor tersebut, yang semula di terapkan pada record atau rekaman pemerintah (arsip). Muncul sejak abad 12 pada  awalnya arsip itu bagian dari perpustakaan. (Rangkiang budaya.wordpress.com)

Pada akhir abad ke 16, 17 dan 18 para pria kaya yang terpelajar mengumpulkan koleksi dokumen untuk di teliti sendiri untuk mengejar intelektualnya. Nah koleksi koleksi tersebut di simpan di lemari penasaran atau lebih di kenal “Wunderkammer”
Sc: di terjemahkan dari googleusercontent.com.
Wunderkammer
sc pic: Natinal Archives


Arsip itu sangad penting
Suatu pemerintahan tanpa arsip, ibarat seorang tentara tanpa senjata, seorang dokter tanpa obat , petani tanpa benih, tukang tanpa alat. Arsip adalah saksi dari segala kegiatan termasuk kegagalan dan kesuksesan negara... (Richardo J. Alvaro, presiden Panama 1937)

arsip kuno yang sangat berharga
sc pic: sindonews.com

Kesimpulan
Arsip adalah dokumen yang sangat penting untuk negara, seperti pentingnya kepercayaan dalam hubungan cinta J

Sekian saya dari saja,
Wasalamu alaikum wr.wb

Komentar

Posting Komentar