5 FAKTA SYEH ABDUL MUHYI


5 FAKTA MENARIK SYEH ABDUL MUHYI??? BENARKAH BELIAU KETURUNAN RATU GALUH???

Oleh : Salimudin


Kali ini saya akan membahas tentang fakta menarik  tentang Syeh Abdul Muhyi Waliyulloh. Sumber artikel di rangkuman  dari buku berjudul  “Syekh Haji Abdul Muhyi Waliyulloh Pamijahan” (1987) karya AA. Khaerussalam, BA. Nah langsung saja berikut adalah 7 fakta menarik dari Syeh Abdul Muhyi…



1.     Lahir di Mataram dari ibu keturunan Nabi SAW
Syeh Abdul Muhyi lahir di Mataram pada tahun 1650 M atau 1071 H dari seorang ayah yang bernama Sembah Lebe Wartakusumah, dan seorang ibu yang bernama Ajeng Tanganjiah. Raden Ajeng Tanganjiah adalah anak dari Kentol Subriana yang kalau di runtut silsilah nya ke atas bahwa Kentol Subriana adalah keturunan ke 27 Nabi Muhammad SAW dari Sayidina Husen as.  Jadi dapat di simpulkan bahwa  Syeh Abdul Muhyi memiliki silsilah garis keturunan Rasululloh SAW yang ke 29.

Silsilah Ibu



2.     Ayahnya Keturunan Ratu Galuh???
Berikut adalah runtuian silsilah ayah beliau:
a)      Ratu Galuh
b)      Ratu Puhun
c)      Kuda Lanjar
d)     Mudik cikawung Ading
e)      Entol Panengah
f)       Sembah Lebe Warta Kusumah
g)      Syekh Abdul Muhyi
Sc : (Khairussalam,1987:7)

silsilah ayah


3.     Mendapat Karamah (Pangkat Wali) di Mekah

Pada usia 19 tahun beliau berpamit ke orang tuanya untuk mesantren ke Aceh pada gurunya yang bernama Syekh Abdul Rouf bin Abdul Jabar. Beliau mesantren selama 8 tahun (1669-1667 M).
Pada usia 29 tahun Syeh Abdul Muhyi beserta guru dan teman temannya pergi ke Mekah untuk berhaji. Ketika Syekh Abdul Muhyi berkumpul di Masjidil Haram , tiba tiba datanglah cahaya yang menuju wajah Syekh Abd. Muhyi, Nah gurunya (Syeh Abd. Rouf) terkejut dan yakin bahwa Syekh Abdul Muhyi telah mendapatkan Karomah tanda kewalian. (Khairussalam,1987:9-10)



Gambar Baitulloh



4.     Selama 12 tahun mencari  goa


Setelah pulang dari Mekah, Syekh Abdul Rouf memanggil Syekh Abdul Muhyi dan di suruhnyalah pulang ke Gresik selanjutnya di tugaskan mencari Gua dan harus menetap di sana. Setelah pulang ke Gresik, beliau langsung mencari gua yang di suruh oleh gurunya, namun sebelum berangakt beliau menikah dulu dengan “AYU BAKTA” (Khairussalam,1987:10).

Syekh Abdul Muhyi dan istrinya pergi ke barat dan sampai ke Darma Kuningan, menetap selama 7 tahun sambil mencari gua. Karna tidak ketemu, akhirnya beliau Pameungpeuk (Garut Selatan), menetap selama 1 tahun. Lalu pindah ke Lebak Siuh selama 4 tahun (1686-1690 M). Lalu karna gak menemukan gua akhirnya pindah lagi ke daerah Gunung Mujarod. Akhirnya di Gunung mujarod ini di temukan lah Gua yang di kenal sampai sekarang sebagai Goa Safar Wadi.

Goa Safar Wadi yang di cari cari



5.     Memiliki 4 istri
a.)    Sembah Ayu Bakta
b.)    Sembah Ayu Patimah
c.)    Sembah Ayu Salamah
d.)   Sembah Ayu Winangun



SC Book: “Syekh Haji Abdul Muhyi Waliyulloh Pamijahan” (1987)


Komentar

Posting Komentar