PARA PENEBAR VIRUS K POP


SIAPA YANG PERTAMA KALI  MENEBARKAN VIRUS K-POP??


Oleh : Salimudin

INTERMEZO

Anak muda mana sih yang tidak tahu K-Pop? Kpop yang terkenal sangat identik sekali dengan Boy Band dan Girl Band yang jago bernyanyi, ngedance serta melenggok-lenggok di panggung . Kpop juga terkenal sangat identik dengan gendre musik pop , ngak ngik nguk, hip hop, heavy metal, hard rock , soft rock dan electric dance music.
Nah yang membuat penulis penasaran adalah siapa sih yang menjadi dalang di balik suksesnya kpop ini dan kenapa gitu virus kpop ini bisa meracuni para wanita terkhusus di Negara berflower ini.



Pic BTS. hak cifta :stanford daily


GIMANA SIH SEJARAHNYA
Pada 23 maret 1992, Seo Taiji and Boys memulai debut di korea Selatan. Nah Grup music bentukan Seo Taiji ini menyuguhkan pembaruan lagu dengan unsur hip hop, hard rock, dan heavy metal. Pembaruan lagu tersebut sangat di terima oleh anak muda. Album mereka sangat laris dengan 1,6 juta copy . Akibat kesuksesan tersebut, akhirnya Seo Taiji ini membuat  industri musik dengan remaja sebagai target baru.

Lee So Man (pendiri SM Entertaimen) tertarik dengan kepopuleran Seo Taiji. Lee So Man beranggapan perlu tahu apa yang di inginkan para remaja. Lalu ia membuat survey untuk mengetahui gambaran sosok dambaan idola ABG di Korea Selatan. Survey membuktikan bahwa para ABG sangat menginginkan anggota grup music yang berparas serta berpenampilan menarik yang bisa menari sekaligus bernyanyi.

Lee So Man akhirnya membentuk Boy Band bernama H.O.T (High five Of Teenagers). H.O.T ini di respon positif oleh ABG, dan sukses mendulang keuntungan. Nah boy band HOT ini akhirnya menjadi pelopor pertama Kpop. Setelah itu lalu bermunculan grup” boy band dan Girl band kek Suju, BTS, Black Pink dll.



Pic personil HOT. hak cifta : smtown.com


Sumber: tirto. Id (Nindias Nur Khalika)

KESIMPULAN
Orang yang pertama kali menebar virus Kpop adalah Seo Taiji,  yang peka terhadap pasar remaja dalah Lee So man dan Grup kpop pertama adalah H.O.T. Adapun alasan kenapa kpop menyebar ke seluruh dunia karna orang Korea tahu bahwa anak anak muda sangat menyukai ketampanan dan kecantikan makhluk tuhan. Intinya adalah orang korea tahu bahwa selera dan kepuasan konsumen adalah no 1.

Gomawo J

Komentar