AVICIENA (IBNU SINA)

IBNU SINA : BAPAK KEDOKTERAN MODERN


Ibnu Sina adalah salah satu ilmuan muslim yang sangat berjasa dalam sejarah kedokteran dunia. Beliau lahir di Afshona dekat Bukhara  (Uzbekistan) tahun 980 M dan wafat di Hamedan (Iran) pada 1037 M. Orang barat mengenalnya sebagai Aviciena.


hak cifta: biografiku.com



Ketika kecil , ibnu Sina dikenal sebagai anak yang sangat jenius, ia cepat menguasai banyak ilmu, beliau sanagat mahir dalam bidang kedokteran. Pada saat raja Bukhara (Nuh bin Mansur) sakit, Ibnu Sina sudah dipercaya untuk merawat dan mengobati sang raja. Akhirnya setelah sang Raja sembuh, Ibnu Sina mendapat leluasa masuk ke perpustakaan Samani yang sangat besar.



Di perpustakaan Samani tersebut ibnu Sina menemukan banyak kitab-kitab yang langka . Dengan semangat beliau membaca seluruh kitab kitab tersebut. Nah, Selain kedokteran, Ibnu Sina juga terkenal karna menguasai beberapa ilmu seperti ilmu hikmah, mantiq, dan matematika.


Kitab paling terkenal Ibnu Sina adalah Al Qanun dan Asysyifa’. Kitab Al Qanun berisi tentang peraturan peraturan tentang kedokteran. Kitab ini di pakai rujukan atau sumber kedokteran selama beberapa abad dan sudah di terjemahkan kedalam bahasa Latin, Inggris, Jerman dan Prancis.

Sc book: sejarah dinasti Abasiah
Sc web :biografiku.com
Sc pic : biografiku.com

Komentar